Perpustakaan


Perpustakaan

Visi

Perpustakaan  Kahari Prwirasujasa Universitas Kuningan merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) sebagai unsur penunjang, yang bersama-sama dengan unsur penunjang lainnya berperan serta dalam melaksanakan tercapainya visi Universitas Kuningan yaitu “Universitas Kuningan merupakan perguruan tinggi handal yang unggul dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi di Wilayah Jawa Barat Bagian Timur, pelopor terdepan gerakan pengembangan ilmu dan teknologi, agen pembaharuan yang mendampingi masyarakat untuk tumbuh otonom di semua lini kehidupan serta pencetak kader berakhlak mulia, yang mandiri dan professional sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada era global”.

            Sebagai penunjang tercapainya visi Universitas tersebut maka UPT Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan bertugas menjabarkan secara operasional visi tersebut menjadi visi perpustakaan sebagai berikut: ”Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan merupakan pengembang koleksi, pengolah dan perawat bahan perpustakaan, pelaksana administrasi, serta pemberi layanan prima pada pengguna, dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi ”.

Misi

Sebagai unsur penunjang universitas dalam mencapai visi tersebut, Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan mempunyai misi sebagai berikut:

  1.  Mengembangkan koleksi perpustakaan sebagai penunjang Tri Darma Perguruan Tinggi, yang disesuaikan dengan fakultas dan progam studi yang ada di Universitas Kuningan.
  2. Mengolah dan merawat bahan pustaka sesuai dengan prosedur tata kelola perpustakaan, demi kelancaran dan ketertiban pelayanan prima kepada pengguna perpustakaan.
  3.  Memberikan pelayanan prima dengan mengedepankan kebutuhan pengguna perpustakaan.
  4. Melaksakan administrasi secara berkelajutan demi ketertiban, koreksi,  dan pengembangan perpustakaan ke depan.

 

Tujuan

Berdasarkan misi tersebut Perpustakaan Kahari Prawirasujasa Uninversitas Kuningan mempunyai tujuan sebagai berikut:

1)    Tujuan Edukasi

Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan merupakan sumber belajar para civitas akademika, oleh karena itu koleksi yang disediakan adalah koleksi yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, pengorganisasian bahan pembelajaran setiap program studi, koleksi tentang strategi belajar mengajar dan materi pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

2)    Tujuan Informasi

Perpustakaan Universita Kuningan merupakan sumber informasi yang mudah diakses oleh pencari dan pengguna informasi yaitu civitas akademika dan staf non-akademik.

3)    Tujuan  Riset

Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan mempersiapakan bahan-bahan primer dan sekunder yang paling mutakhir sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

4)    Tujuan  Rekreasi

Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan menyediakan koleksi rekreatif yang bermakna untuk membangun dan mengembangkan kreativitas, minat dan daya inovasi pengguna perpustakaan.

5)    Tujuan  Publikasi

Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan membantu melaksanakan publikasi karya yang dihasilkan oleh warga universitasnya, yakni civitas akademika dan staf non-akademik.

6)    Tujuan Deposit

Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan menjadi pusat deposit untuk seluruh karya dan pengetahuan yang dihasilkan oleh civitas akademica Universitas kuningan.

7)    Tujuan Interpretasi

Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan  melakukan kajian dan memberikan nilai tambah terhadap sumber-sumber informasi yang dimilikinya untuk membantu pengguna dalam melakukan dharmanya. 


HubunganOrganisasi Perpustakaan dengan Unsur Lain di Universitas Kuningan

          Sebagai unsur penting penunjang Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, UPT Perpustakaan Kahari Prawirasujasa Universitas Kuningan bertanggungjawab langsung kepada Rektor Universitas Kuningan.

          Rektor dan Pembantu rektor merupakan satu kesatuan, dan rektor mendelegasikan wewenangnya kepada wakil rektor yang terkait, dalam hal ini Purek I sebagai Pembantu rektor bidang akademis. Dengan demikian Kepala Perpustakaan Kahari Prawirasuhasa Universitas Kuningan hendaknya diikutsertakan dalam pembahasan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dalam hal ini program Unit Pelaksana Teknis terkait seperti Lemlit, LPM, SPM, dan SPI, agar dapat membantu program Universitas Kuningan sehingga mampu melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Secara opresaional hal itu akan terealisasi pada kegiatan semua fakultas, dan program studi yang ada di lingkungan Universitas Kuningan.